Journal

Makalah ini berisi sintesis studi jangka panjang tentang transformasi masyarakat Eropa Timur saat ini. Hasil yang paling terlihat adalah perbedaan definisi ruang dan waktu sosial yang dihasilkan dari pengalaman perubahan besar. Pemeriksaan lebih dekat dari proses mengungkapkan serangkaian tantangan kognitif dan praktis lainnya.

Ketidaktransparan birokrasi dari sosialisme negara digantikan oleh kompleksitas baru karena globalisasi dan pengaturan regional yang berubah dengan cepat. Posisi periferal atau semi-perifer tradisional Eropa Timur muncul kembali dalam pembagian kerja yang baru. Komersialisasi yang sedang berlangsung merusak integrasi sosial. Negara “kecil” yang baru muncul masih membangun struktur dan mekanisme kelembagaannya. Ternyata universalisasi nilai-normatif yang diinginkan berdasarkan gagasan hak asasi manusia memiliki alternatif dalam kebangkitan nasionalisme dan ideologi partikularistik lainnya. 

Mereka memiliki tanah subur mereka dalam diferensiasi peluang hidup yang luas. Perkembangan di atas dimaknai sebagai peluang besar bagi ilmu-ilmu sosial untuk menyempurnakan kerangka konseptual dan instrumen penelitiannya.

Subject(s): Social Sciences

Published by: Institute of Philosophy and Sociology at the Bulgarian Academy of Sciences

Keywords: The Challenges of Globalism; transformation processes in the Eastern European societies; long-term studies of society; globalism and localism

Facing the Future: Eastern Europe in a Global Context

ARTICLE

Author(s): Nikolai Genov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!